Oktober 18, 2024

Jangkau Belasan Ribu Pelaku UMKM di 2021, GoTo Kembali Gelar Konferensi Maju Digital 2022

Jangkau Belasan Ribu Pelaku UMKM di 2021, GoTo Kembali Gelar Konferensi Maju Digital 2022
Jangkau Belasan Ribu Pelaku UMKM di 2021,
GoTo Kembali Gelar Konferensi Maju Digital 2022

Indonesia, 27 Oktober 2022 – Grup GoTo, ekosistem digital terbesar Indonesia yang menaungi
Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial (GTF), tahun ini kembali menghadirkan Konferensi Maju
Digital (KoMD) untuk para pegiat UMKM.

KoMD 2022 merupakan edisi kedua, menyusul kesuksesan gelaran KoMD pertama pada 2021 yang
menjangkau belasan ribu pelaku UMKM. Mengusung tema besar ‘Transformasi Usaha Digital dan
Ramah Lingkungan’ yang selaras dengan misi pemerintah Indonesia dalam presidensi G20 2022,
KoMD 2022 bertujuan mendorong kemajuan dan daya saing UMKM.

Sejumlah pakar dari berbagai bidang akan hadir dalam KoMD 2022 untuk berbagi pengalaman,
berdiskusi dan memberikan pelatihan dalam rangkaian kelas yang dapat diikuti oleh pegiat UMKM
untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini konferensi berlangsung secara tatap muka (offline) di The
Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta dan dapat disaksikan live melalui website Tokopedia
Academy, YouTube Mitra Usaha Gojek, YouTube Tokopedia Seller, Tokopedia PLAY dan GoPlay.

Acara dibuka oleh sambutan CEO Grup GoTo, Andre Soelistyo, dilanjutkan talkshow bersama
Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, Staf Ahli Menteri Bidang Produktivitas dan Daya Saing
Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya dan Kepala Grup Inovasi Keuangan Digital (IKD)
Otoritas Jasa Keuangan, Triyono Gani.

Jangkau Belasan Ribu Pelaku UMKM di 2021,
GoTo Kembali Gelar Konferensi Maju Digital 2022

Chief of Corporate Affairs Grup GoTo, Nila Marita menyatakan, “Bersama lebih dari 15 juta mitra
usaha, 2,6 juta mitra pengemudi dan lebih dari 67 juta pengguna bertransaksi tahunan, ekosistem
digital Grup GoTo berkontribusi sekitar 2% terhadap PDB Indonesia.

Dampak ekonomi yang besar tersebut tidak lepas dari peran UMKM sebagai penggerak sektor riil ekonomi tanah air dan motor pendorong pemulihan ekonomi nasional. Grup GoTo menghadirkan KoMD untuk mendorong
kemajuan para mitra UMKM melalui program edukasi dan pemberdayaan berkelanjutan.”

“KoMD adalah konferensi UMKM nasional terbesar dari Grup GoTo untuk mendorong kapasitas
pegiat UMKM Indonesia melalui berbagai inisiatif dan solusi teknologi, agar dapat terus beradaptasi
dengan perkembangan dunia usaha masa kini. Kehadiran KoMD 2022 dilatarbelakangi oleh tingginya
animo peserta rangkaian KoMD 2021,” jelas Group Head of Merchant Marketing Gojek dan GoTo
Financial, Bayu Ramadhan.

“Lebih dari 14 ribu peserta berpartisipasi dalam rangkaian KoMD 2021 dan mayoritas berasal dari
Jabodetabek, Surabaya, Medan, Makassar dan Manado,” tambah Bayu.
VP of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat mengatakan, “Sebagai kelanjutan dari KoMD
2021, Grup GoTo telah secara rutin menyelenggarakan Kelas Maju Digital (KeMD) pada 2021.

Melalui KeMD, Grup GoTo memberikan pembekalan terkait pengembangan usaha dan kompetensi
kewirausahaan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia semakin menjadi pilihan masyarakat. KeMD
dapat terlaksana melalui kolaborasi Grup GoTo dengan pemerintah daerah dan UMKM lokal untuk
membantu pemulihan ekonomi daerah. KeMD 2021 telah diselenggarakan di berbagai wilayah,
seperti Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan Jabodetabek.”

“Tahun ini, KeMD 2022 menghadirkan berbagai topik sesuai kebutuhan UMKM dari berbagai skala,
antara lain pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, hingga pembangunan bisnis yang
ramah lingkungan. Banyak pegiat usaha lokal yang hadir sebagai narasumber dan siap berbagi
inspirasi hari ini, seperti pemilik KEM Footwear, Buttonscarves, Erigo, SukkhaCitta, Teguk, Wakacao
dan masih banyak lagi,” tambah Puput.

Selain melalui KoMD dan KeMD, UMKM di berbagai daerah juga bisa memperoleh wawasan dari
sesama UMKM melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan
Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG). Grup GoTo mencatat jumlah pegiat UMKM yang
bergabung di KOMPAG, K-Top dan KONTAG bertambah lebih dari 80 ribu dalam setahun terakhir.

KoMD dan KeMD adalah bagian dari upaya pemberdayaan UMKM yang telah menjadi mitra usaha
Grup GoTo. Grup GoTo juga menyediakan solusi layanan digital yang holistik dan beragam guna
membantu pegiat usaha khususnya UMKM menciptakan peluang dalam setiap fase pertumbuhan.

HMNS merek parfum asal Jakarta dan Nasi Bogana Ny. An Lay yang bergerak di bidang kuliner
adalah dua contoh UMKM yang telah merasakan manfaat dari kehadiran ekosistem Grup GoTo dan
solusinya yang holistik dan beragam.

CEO and Founder HMNS, Rizky Arief Dwi, menyampaikan, “Setelah tiga tahun bergabung sebagai
pegiat usaha ekosistem Grup GoTo melalui Tokopedia, HMNS merasakan berbagai manfaat. Di
antaranya, kami dapat memperluas jangkauan produk kami hingga Papua, sehingga menumbuhkan
pendapatan hingga 20-30 kali lipat.

Hal ini menjadi salah satu motivasi kami untuk terus mewujudkan mimpi HMNS, yaitu membuat Indonesia semakin dikenal sebagai negara dengan penghasil parfum berkualitas dan tidak hanya sekadar sebagai sumber bahan mentah parfum.”

Pemilik Nasi Nasi Bogana Ny. An Lay, Evan Petra, mengakui bahwa akses terhadap platform
teknologi sangat penting agar UMKM bisa mengembangkan bisnis di tengah era digital. “Aplikasi
GoBiz dan Moka dari Gojek dan GoTo Financial sangat membantu kami dalam hal operasional bisnis,
terutama dalam meminimalisir kesalahan dalam membuat pesanan pelanggan. Bergabung di GoFood
juga membantu kami terhubung dengan basis pelanggan yang lebih besar.

Kini omzet kami naik hingga 4 kali lipat sejak 2020. Kami mengapresiasi layanan yang disediakan oleh Grup GoTo yang telah mengambil bagian sangat penting bagi bisnis kami sampai saat ini,” ungkapnya.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai mitra usaha Grup GoTo, kunjungi situs resmi
Mitra Usaha GoTo melalui tautan mitrausahagoto.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GDPR Cookie Consent with Real Cookie Banner