Bagaimana Ya Cara Kerja Algoritma Tiktok di 2022? Berikut Penjelasannya Yang Terbaik

Bagaimana Ya Cara Kerja Algoritma Tiktok di 2022? Berikut Penjelasannya Yang Terbaik

Algoritma Tiktok merupakan hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu ingin menjadi seorang content creator di Tiktok. Tak hanya kamu juga paham cara kerja algoritma TikTok sehingga engagement kontenmu bisa meningkat. Walaupun relatif baru dibandingkan Instagram atau Facebook, TikTok kini menjadi media sosial dengan pertumbuhan yang paling pesat.

Bagaimana Ya Cara Kerja Algoritma Tiktok di 2022? Berikut Penjelasannya Yang Terbaik
(Sumber: unsplash.com)

Akun Tiktok yang beredar saat ini banyak dibuat hanya untuk melihat beranda dan mengunduh video-video saja. Akan lebih menguntungkan jika kamu menggunakan akun tiktokmu sebagai akun bisnis dan mengisinya dengan berbagai konten yang menarik.

Di Tiktok ada yang disebut dengan For Your Page (fyp). Fitur For You Page adalah halaman yang berisi rekomendasi konten video berdasarkan riwayat tontonan yang telah dilihat dan disukai. Kamu akan disajikan dengan aliran video yang diberikan oleh algoritma TikTok sesuai minat, sehingga mudah bagi pengguna untuk menemukan konten dan pembuat konten yang disukai.

Lalu bagaimana ya cara agar videomu bisa masuk FYP dan dilihat banyak pengguna? Simak pembahasan berikut ini.

Faktor Yang Mempengaruhi Algoritma Tiktok

Bagaimana Ya Cara Kerja Algoritma Tiktok di 2022? Berikut Penjelasannya Yang Terbaik
(Sumber: unsplash.com)

1. Interaksi

Seperti algoritma Instagram, algoritma TikTok juga bekerja berdasarkan interaksi penggunanya. Jika pengguna sering berinteraksi dengan akun-akun tertentu, maka dia akan lebih cenderung untuk melihat konten dari akun-akun tersebut yang sesuai dengan minat dan kegemaran pengguna.

2. Informasi Video

Informasi video di sini termasuk pada captionhashtag, dan audio yang digunakan menjadi salah satu faktor algoritma di tiktok. Jika kamu membuat caption yang terlalu panjang, dapat mengganggu pengguna dalam menonton videomu. Oleh karena itu untuk caption, teks yang pendek sangat ideal juga menggunakan hastag yang relevan.

Audio juga dinilai sebagai hal yang sangat berpengaruh. Videomu akan lebih mudah masuk ke fyp jika menggunakan auido yang sedang populer dan digunakan banyak orang.

3. Setting Akun

Faktor berikutnya adalab setting akun. Entah itu dari si creator maupun penonton. Pada setting akun ini, informasi konten, lokasi, dan topik akun sangat berpengaruh. Pasalnya, algoritma biasanya bekerja dengan merekomendasikan video yang sesuai dengan lokasi akun pengguna.

4. Konten

Selanjutnya mengenai konten dan cara pengeditan video yang akan kamu buat. Dalam melakukan pengeditan video, kamu harus membuatnya sekreatif dan seunik mungkin. Usahakan agar tidak membuat boring karena jika videomu tidak menarik, kemungkinan penonton yang ada hanya sedikit.

5. Unggah Konten

Yang Terakhir adalah dengan mengunggah konten secara konsisten. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kepopuleran konten dan akunmu. Semakin sering kamu mengunggah sebuah konten, maka semakin besar peluang videomu untuk masuk ke fyp.

Cara Kerja Algoritma Tiktok

Bagaimana Ya Cara Kerja Algoritma Tiktok di 2022? Berikut Penjelasannya Yang Terbaik
(Sumber: unsplash.com)

Cara kerja TikTok adalah pertama setelah video diunggah, algoritma akan membagikannya ke sekelompok kecil pengguna. Pengguna ini bisa dari mereka yang mengikuti akun pembuatnya. Namun pengguna-pengguna ini merupakan mereka yang dinilai TikTok lebih mungkin untuk berinteraksi dengan konten tersebut berdasarkan perilaku mereka.

Jika mereka menyukainya, misalnya dengan menonton video tersebut sampai habis atau membagikannya ke pengguna lain, TikTok akan kemudian mendistribusikannya ke pengguna lain yang dirasa memiliki minat yang serupa dengan kelompok pengguna pertama.

Proses ini terjadi secara berulang dan jika respons yang didapat positif, video tersebut bisa viral. Indikator yang paling kuat dalam interaksi TikTok adalah durasi menonton video, share, dan apakah pengguna mengikuti pembuat konten tersebut.

Selain itu, Algoritma pada TikTok lebih cenderung untuk mendorong konten yang dicari atau dieksplor penggunanya.

Misalnya jika pengguna sering mencari hashtag tertentu atau konten dengan audio tertentu, mereka akan lebih cenderung mendapatkan konten dengan hashtag dan audio tersebut.

Semoga bermanfaat.

Baca juga Ini Dia Pengertian Algoritma YouTube dan Cara Kerjanya di 2022 Yang Harus Kamu Ketahui!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GDPR Cookie Consent with Real Cookie Banner