Ini Dia Pengertian Algoritma YouTube dan Cara Kerjanya di 2022 Yang Harus Kamu Ketahui!
Apakah kamu tahu apa itu Algoritma Youtube? Algoritma Youtube adalah sistem kerja Youtube dalam menentukan kelayakan suatu video yang dibuat oleh creator. Jika video tersebut layak dan berkualitas, maka YouTube secara otomatis merekomendasikan agar ditonton oleh pengguna sesuai dengan minat dan pencarian yang relevan.
YouTube sendiri menyebut sistem algoritma mereka sebagai Search and Discovery System. Tentu saja tak hanya menentukan video yang akan ditampilkan ketika kamu mengetikkan keyword pada kolom search, namun juga menentukan video yang akan muncul di bagian lainnya.
Dengan banyaknya video, Youtube membantu pengguna agar mudah mendapatkan video yang tepat dan relevan, caranya yaitu dengan algoritma Youtube. Sederhananya, algoritma berperan sebagai filter atau penyortir video agar yang ditampilkan sesuai dengan kebutuhan penonton.
Dikatakan bahwa algoritma youtube bekerja dengan membaca kebiasaan pengguna terhadap video yang kamu buat. Selain itu, ada beberapa faktor yang membuat videou masuk kedalam rekomendasi di timeline pengguna, apa saja ya? Simak pembahasan berikut ini.
Faktor Pendukung Algoritma YouTube
1. Jumlah Klik dan Suka Video
Jumlah klik dan suka video dinilai menjadi salah satu faktor algoritma yang membuat video kamu masuk ke rekomendasi di timeline pengguna. Jika kamu membuat suatu video, dan secara tidak langsung mendapat klik juga disukai banyak orang dalam waktu yang singkat, videomu bisa secara otomatis direkomendasikan. Namun, jumlah views juga bisa berkurang.
Sebagian orang berpendapat bahwa penurunan view pada beberapa video youtube disebabkan karena perubahan kebijakan youtube dalam perhitungan jumlah penontonnya. Ada pun pendapat lain karena youtube melakukan intervensi pada pengguna yang berbuat curang menggunakan bot.
2. Rata-rata Durasi Menonton
Yang kedua ini berkaitan dengan seberapa cepatnya sebuah video ditonton. Jika kamu mempunyai video dengan durasi menonton yang singkat, kemungkinan dalam beberapa saat video tersebut memiliki jumlah views dan like yang banyak sehingga secara otomatis direkomendasikan.
3. Interaksi Penonton di Kolom Komentar
Maksudnya adalah ketika sebuah video memiliki interaksi penonton yang banyak dikolom komentar, video tersebut dapat secara otomatis direkomendasikan.
Cara Kerja Algoritma Dari YouTube di 2022
Algoritma YouTube memiliki sistem penyajian video yang menyesuaikan minat tiap penonton secara real time. Setiap menit, setidaknya 500 jam video yang diupload di YouTube. Karena itu, algoritma inilah yang membantu kamu agar dapat menemukan video yang yang tepat diantara banyaknya video yang ada.
Yang pertama, Home. Home atau beranda sendiri merupakan halaman yang pertama kali dikunjungi, halaman ini menjadi salah satu yang menghasilkan trafik video yang tinggi. Semakin sering kamu mengunjungi Youtube, maka halaman home akan semakin dipersonalisasi.
Yang kedua, Suggested Video. Suggested video merupakan saran video yang muncul ketika kamu menonton sebuah video, biasanya ada di sebelah kanan atau dibagian videonya jika berasal dari channel yang sama.
Yang ketiga, Search. Search merupakan tools untuk mencari video yang kamu inginkan dengan mengetik keyword yang sesuai. Search ini menjadi salah satu Algoritma Youtube yang harus kamu perhatikan. Maka dari itu, buat video dengan judul yang mudah agar dapat ditemukan penonton.
Yang keempat, Trending. Trending adalah kumpulan video populer dan banyak diputar pengguna saat itu. Hasil pada tab tersebut akan berbeda-beda tergantung pada lokasi negara pengguna. Maka dari itu, terus berusaha membuat videomu masuk ke dalam trending dengan memperbanyak share video.
Yang kelima, Subscriber dan Subscription Tab. Subscriber dan Subscription Tab adalah pengguna yang berlangganan video kamu secara gratis, mereka memilih untuk berlangganan dan melihat setiap kamu upload konten terbaru. Semakin banyak yang subsribe channel kamu, maka lebih besar potensi penayangan video kamu.
Yang keenam, Notifications. Notifications Notifikasi merupakan pemberitahuan yang dikirimkan baik lewat push notification ataupun email. Pemberitahuan ini berasal dari channel yang kamu subscribe, yaitu berisi konten yang baru saja mereka upload.
Yang terakhir, Restricted Mode. Restricted Mode merupakan fitur yang digunakan apabila terdapat konten yang berpotensi dewasa. Untuk menggunakannya, kamu harus mengaktifkan terlebih dulu.
Semoga bermanfaat.
Baca juga Algoritma Instagram: Pengertian, Cara Kerjanya Yang Terbaik dan Perubahan di Tahun 2022!